Sunday, September 1, 2019

Kulon Progo, Permatanya Pulau Jawa


Kulon Progo, apa yang ada dibenak anda ketika mendengar nama daerah yang satu ini? atau bahkan anda belum mengenalnya sama sekali? baik, jika anda belum tahu sama sekali. mari saya kenalkan!
jika anda pernah datang ke Yogyakarta saat ini anda bisa turun ke bandara baru yang berada di pinggir pantai. Ya, bandara berkelas internasional itu terletak di Kabupaten Kulon Progo.

Arti dari Kulon Progo sendiri berasal dari bahasa jawa, Kulon artinya Barat, sedangkan Progo merupakan nama sungai yang berhulu di Gunung Sindoro, Jawa Tengah dan bermuara di Samudera Hindia. Jadi Kulon Progo bermakna sebelah barat sungai Progo.

Secara geografis, Kabupaten Kulon Progo berbatasan dengan Kabupaten Purworejo di sebelah barat, Kabupaten Magelang di sebelah utara, sungai Progo di sebelah timur dan samudera hindia di sebelah selatan.

Logo Pariwisata Kab. Kulon Progo (sumber: google)

Kulon Progo mempunyai logo wisata The Jewel of Java yang berarti permatanya pulau jawa. Karena sudah lima tahun terakhir Kulon Progo digadang gadang menjadi gerbang pariwisata yang ada di pulau jawa. Seperti akses jalan menuju candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pemerintah kabupaten Kulon Progo akan membuka akses jalur menucu candi budha terbesar di dunia itu. Selain itu wisatawan juga bisa mengeksplor obyek wisata di perbukitan menoreh seperti;  Waduk Sermo, Wisata alam Kalibiru, Pule Payung, Gunung Gajah, Kedung Pedut, Gua Kiskendo dan lainnya.
Selain beragam obyek wisata yang ada, Kabupaten Kulon Progo juga mempunyai makanan khas seperti geblek & tempe besengek, gula semut dan growol.

geblek & tempe besengek (sumber: google)

Untuk cinderamata, Kabupaten Kulon Progo mempunyai banyak kerajinan tangan berupa batik maupun kerajinan serat alam. Batik yang terkenal yaitu batik motif Geblek Renteng. Dengan bentuk menyerupai makanan khas Geblek yang mempunyai makna filosofi bahwa rejeki masyarakat Kulon Progo terus berputar dengan rasa gotong royongnya. Maka tak salah jika pemerintah Kabupaten Kulon Progo mempunyai tag line: Bela Beli Kulon Progo, dimana Kulon Progo bisa berdaya dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusianya sendiri.
Sedangkan kerajinan serat alam bisa juga ditemui di Desa Sentolo, wisatawan bisa menemukan berbagai kerajinan mulai dari kalung, tas, sepatu, tempat lampu dan asesoris lainnya yang berasal dari serat alam seperti; pandan laut, encenggondok, pelepah pisang, rotan dan serat alam lainnya.

Batik Geblek Renteng (sumber: google)

No comments:

Post a Comment

Ini Dia Oleh - Oleh Khas Kulon Progo!

Geblek Besengek Icon Kuliner Kulon Progo Selain menyajikan keindahan alam yang luar biasa, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki makana...