Tuesday, September 3, 2019

Ini Dia Oleh - Oleh Khas Kulon Progo!

Geblek Besengek Icon Kuliner Kulon Progo


Selain menyajikan keindahan alam yang luar biasa, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki makanan khas yang belum banyak orang tahu. Mau tau rasanya gimana? Ya beli dong! Iya kali anda mau jilatin layar monitor sendiri.
Makanan khas kabupaten paling barat di Yogyakarta ini bernama geblek. Bukan geblek yang berkonotasi negatif lho ya. Geblek ini terbuat dari sari pati singkong atau biasa disebut kanji. Cara mengolahnyapun cukup sederhana. Hanya dengan mencampur kanji dengan air panas lalu campur bawang putih halus, garam, dan beberapa rempah. Diuleni hingga kalis lalu digoreng. Yup. Jadi geblek ini secenis gorengan atau kalau anda pernah makan cireng. Bahan baku geblek sama dengan cireng, hanya saja cara pengolahannya berbeda. Geblek Kulon Progo sebenarnya hampir sama dengan geblek purworejo.

Yang membedakan adalah cara makan geblek Kulon Progo dimakan berbarengan dengan tempe besengek. Apa itu tempe besengek? Tempe besengek ini memakai bahan dasar kacang koro benguk. Tempe besengek ini diolah dengan cara dimasak dengan santan hingga asat. Dan disajikan bersama geblek selagi hangat.

Geblek - Besengek ini juga bisa untuk dijadikan oleh oleh. Namun hanya untuk gebleknya sendiri yang dijual dalam kondisi setengah matang. Jadi anda tinggal menggorengnya di rumah. Sedangkan untuk besengeknya sendiri karena terbuat dari santan. Masyarakat Kulon Progo sendiri masih mencoba melakukan inovasi sehingga nantinya besengek bisa disajikan terpisah dengan bumbu santannya sehingga bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Penasaran ingin mencoba kan?
Yuk berkunjung ke Kulon Progo!
Geblek Besengek khas Kulon Progo (sumber: google)

No comments:

Post a Comment

Ini Dia Oleh - Oleh Khas Kulon Progo!

Geblek Besengek Icon Kuliner Kulon Progo Selain menyajikan keindahan alam yang luar biasa, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki makana...